Staf Khusus Gubernur Jateng Nyambi Calo Proyek

Posted on December 12, 2008. Filed under: Berita | Tags: , , , , , , , , |

SEMARANG – Belum genap dua bulan bertugas, keberadaan staf khusus gubernur Jateng sudah mendapatkan sorotan miring masyarakat. Letkol (purn) Umar Dhanu, staf khusus bidang penanggulangan kemiskinan, dilaporkan memanfaatkan posisinya untuk menjadi calo proyek bagi sejumlah kepala daerah.

Hal tersebut diungkap Koordinator Presidium Masyarakat Anti Korupsi (Maki) H Boyamin Saiman kemarin (11/12). "Beberapa pekan terakhir Umar Dhanu mendatangi bupati/wali kota dan menjanjikan memperjuangkan dana dari pusat," ujar pria kelahiran Ponorogo itu.

Bahkan, lanjut Boyamin, dalam praktik tersebut, Umar langsung menyebut nama panitia anggaran (panggar) DPR. Yang bersangkutan juga berjanji mengusahakan turunnya dana untuk pembangunan dan kesejahteraan rakyat. "Atas usahanya itu, dia meminta sejumlah fee bila dana cair," tukas Boyamin.

Dia menambahkan, sejumlah bupati/wali kota yang didatangi Umar tersebut sebenarnya tidak begitu merespons tawaran. Sebab, mereka sudah punya jalur resmi untuk mengajukan bantuan.

Atas penyelewengan itu, Boyamin dengan tegas meminta keberadaan staf khusus dibubarkan saja. "Bila sejak mulai bertugas sudah timbul asap dan api penyimpangan, selayaknya staf khusus dibubarkan saja," tandasnya.

Keberadaan para pembantu Gubernur Bibit Waluyo tersebut juga dinilai overlapping dan membebani anggaran. Dia menambahkan, karena para staf khusus tersebut diangkat dengan SK, mereka harus dikenai PP No 30 Tahun 1980 tentang disiplin PNS. "Sanksi maksimalnya ya dipecat," ujar Boyamin.

Sementara itu, Umar saat dikonfirmasi langsung membantah tudingan tersebut. "Ngawur saja. Itu lagu lama, tidak usah ditanggapi," bantahnya.

Dia menyangkal pernyataan Boyamin yang menyebutnya sebagai calo proyek untuk beberapa kepala daerah. Umar juga mengatakan, selama ini dirinya hanya berada di kantor dan tidak ke mana-mana. Apalagi mendatangi empat bupati/wali kota dan menawarkan proyek. "Calo proyek apa? Saya benar-benar tidak tahu. Selama ini saya di kantor terus," tegas Umar.

Umar Dhanu sendiri merupakan salah satu di antara tiga staf khusus yang diangkat Bibit melalui Surat Edaran No 66/15892 tertanggal 10 Oktober 2008. Dua staf khusus lainnya adalah Kolonel (purn) Hadirwan, yang menjadi staf khusus bidang ketenagakerjaan, dan Kolonel (purn) FX Sudardjo sebagai staf khusus bidang hubungan antarlembaga.

Pengangkatan tersebut dinilai sebagai langkah akomodasi bagi tim suksesnya saat mencalonkan diri sebagai gubernur pada pilgub lalu. Selain para staf khusus, Bibit juga disebut-sebut hendak mengangkat mantan Kapendam IV/Diponegoro Letkol Agus Subroto sebagai kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpollinmas) Jateng. (ric/aro/jpnn/ruk)

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: